Batal Ke India Open, Tontowi/ Liliyana Fokus All England

Pemain Indonesia di olahraga bulutangkis memang banyak yang sukses menorehkan hasil memuaskan, salah satunya adalah Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang berada di tim ganda campuran. Setelah berlaga di Indonesia Masters 2018, ternyata Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir batal untuk berduel di India Open 2018 BWF World Tour Super 500. Hal itu dilakukan, melihat kondisi Tontowi yang tidak maksimal.

 

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Batal Ke India Open 2018

Seperti yang diketahui, pasangan ini memang tidak berhasil menyabet gelar juara di Indonesia Masters 2018. Mereka harus rela bertekuk lutut di babak final setelah melawan Zheng Siwei/ Huang Yaqiong. Permainan yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta, Hari Minggu (28/1/2018) dilakukan selama dua gim, berakhir dengan nilai 14-21 dan 11-21.

 

Sebelumnya, setelah mengikuti kejuaraan Indonesia Master, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ditargetkan akan diikut sertakan India Open yang akan dilangsungkan pada tanggal 30 Januari sampai 4 Februari di New Delhi. Tapi ternyata, ganda campuran juara dunia ini memilih untuk mengundurkan diri.

 

Berdasarkan pernyataan Richard Mainaky yang merupakan Kepala Pelatih ganda campuran PBSI mengatakan, kalau Tontowi sedang dalam kondisi yang tidak maksimal. Kini, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan difokuskan untuk menghadapi All England, tanggal 14 hingga 18 Maret.

 

Sebelum berlaga di Indonesia Masters 2018, Tontowi terlihat sedang dalam periode yang sibuk, selain latihan, dia juga baru dikaruniai anak yang kedua. Hal ini membuat fokusnya terbagi.

 

“Kondisi Tontowi kurang siap. Memang sebelum Indonesia Masters, persiapan dan konsentrasinya sedikit terganggu jelang kelahiran anak keduanya,” ungkap Richard kepada Badmintonindonesia.org.

 

“Jadi kelihatan di final Indonesia Masters kemarin tidak tahan fokus dalam menghadapi tekanan-tekanan dari pasangan Tiongkok (Zheng Siwei/ Huang Yaqiong). Sehingga tidak bisa menjalankan pola Bandar Togel HK dan strategi untuk meredam serangan Zheng dan Huang,” tambahnya.

 

“Semalam Tontowi sendiri yang telepon saya dan sampaikan keraguan untuk tanding dengan kondisi dia yang kurang maksimal. Jadi saya putuskan untuk cancel saja di India Open 2018. Keadaan seperti ini memang tidak bisa dihindari, harus dijalani. Lebih baik mereka persiapkan diri jelang All England,” ujar Richard.

 

Setelah mundurnya Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di India Open, di tim ganda campuran hanya ada 3 wakil, yaitu Ricky Karanda Suwardi/ Debby Susanto, Praveen Jordan/ Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faisal/ Gloria Emanuelle Widjaja. Dengan begitu, Richard pun mengubah target di kejuaraan itu.

 

“Targetnya tetap semaksimal mungkin, minimal lolos ke semifinal dulu,” jelas Richard.

 

Richard Mainaky Ingin Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Asian Games

Pada bulan Februari nanti, akan ada kejuaraan Badminton Asia Team Championship di Malaysia, namun Richard masih menimbang-nimbang keikutsertaan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, setelah mereka batal ikut di India Open 2018.

 

“Saya akan melihat perlu turun atau tidak. Perlu dalam arti jika Tontowi sudah sangat siap dengan kondisi fisiknya segalanya, mungkin saya turunkan karena takut terlalu lama juga menuju All Englandnya. Jika tidak, ya berarti langsung,” beber Richard.

 

“Untuk antisipasi minim turnamen saya tak khawatir karena mereka sangat pengalaman. Saya kan melihat banyak faktor. Kemarin saja hasilnya mereka tak mau kalah. Padahal saya sih enjoy saja, karena yang saya lihat adalah pertandingan-pertandingan penting, yaitu Asian Games, All England pun kalau mau juara ya silahkan, tapi kalau saya punya ambisi Asian Games, karena kita tuan rumah dan PBSI target disana. Saya malah khawatir mereka harus juara disini, disini, malah tidak sampai di peaknya,” tambah Richard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *