Akhir Tes Pramusim MotoGP Sepang, Lorenzo Jadi Yang Tercepat

Musim 2018 adu balap MotoGP memang belum dimulai. Namun para pebalap sudah mulai melakukan ujicoba kekuatan mesin-mesin motor mereka lewat tes pramusim. Yang pertama dilangsungkan di sirkuit Sepang, Malaysia sejak hari Minggu (28/1) hingga Selasa (30/1) kemarin. Dan di hari terakhir tes pramusim MotoGP Sepang, pebalap Ducati yakni Jorge Lorenzo keluar sebagai yang tercepat. Rekan satu tim Lorenzo, Andrea Dovizioso, harus puas ada di peringkat keempat.

 

Di antara mereka berdua, ada pebalap Repsol Honda yakni Dani Pedrosa di peringkat kedua dan pebalap Jerman dari tim LCR Honda, Cal Crutchlow, mencuri perhatian di posisi tiga besar. Hanya saja keberhasian Lorenzo finish di posisi pertama juga membuatnya memecahkan rekor tercepat milik Juara Dunia musim 2017, Marc Marquez. Di mana Lorenzo mencatat waktu 1 menit 58,830 detik di putaran ke-21 dari total putaran. Hasil ini membuatnya mengalahkan rekor Marquez di tes pramusim 2015 karena Lorenzo berhasil lebih unggul 0,037 detik.

 

Honda dan Yamaha Gantian Jadi Juara

 

Dalam tiga hari gelaran tes pramusim MotoGP, sebetulnya ketiga pabrikan besar saling bergantian jadi juara. Jika Ducati sukses di hari ketiga, hari pertama dan kedua ditempati oleh Honda dan Yamaha. Ya, pada hari Minggu (28/1) kemarin, Pedrosa keluar sebagai yang tercepat dan disusul oleh Dovizioso. Saat itu pebalap Honda asal Spanyol ini berhasil melahap 56 putaran dengan waktu tersingkat 1 menit 59,427 detik pada dua lap terakhir.

 

Sementara itu di hari kedua tes pramusim MotoGP Sepang hari Senin (29/1), giliran duo pebalap Yamaha yang tersenyum lebar. Di mana Vinales dan Rossi sama-sama berbagi dua posisi teratas dengan Crutchlow melengkapi tiga besar. Dalam hari kedua tes, sirkuit Sepang memang sempat basah dan lembab sehingga membuat para pebalap dunia Judi Poker ini pilih bertahan di garasi masing-masing selama satu jam lamanya. Bahkan sesi tes itu sempat harus dihentikan setelah pebalap Red Bull KTM Factory yakni Pol Espargaro mengalami kecelakaan.

 

Dalam tiga hari gelaran tes pramusim MotoGP 2018, Marquez tidak pernah berpindah dari peringkat ketujuh. Hasil ini tampak sangat berbeda dengan rekannya Pedrosa yang sempat jadi juara di hari pertama, terlempar ke posisi 12 di hari kedua dan finish di posisi kedua pada hari terakhir tes pramusim di Malaysia.

 

Rossi Khawatir Inkonsistensi Yamaha

 

Dalam tiga hari tes pramusim di Sepang, Yamaha memang bisa dibilang tidak konsisten. Di mana mereka Rossi dan Vinales berakhir di posisi 6 dan 13 pada hari pertama, jadi juara dan runner up di hari kedua serta terlempar ke peringkat ke-8 dan 18 di hari terakhir. Lantaran hasil yang tak stabil inilah membuat tim Yamaha cukup khawatir menatap MotoGP musim 2018. Bukan cuma khawatir, Yamaha juga dirundung kebingungan lantaran musim 2018 sudah semakin dekat.

 

Melalui wawancaranya dengan Autosport, Rossi angkat bicara, “Hari ini (Selasa) sedikit lebih sulit, kami lebih kesulitan sejak pagi dengan cengkeraman. Lebih sulit untuk mengendarai motor di batasnya. Kemarin malam saya optimistis akan memperbaiki laptime, tapi itu tidak mungkin. Sedikit lebih sulit, khususnya dengan ban baru, karena dengan ban lama kecepatan saya bagus. Kami sedikit khawatir. Kami harus memahami kenapa ini terjadi, karena di tes Valencia setelah balapan terakhir, hal yang sama terjadi,” curhat Rossi panjang lebar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *