Sejak 12 Maret 2018, Ganjil Genap Tol Bekasi Diterapkan

Tak bisa dipungkiri bahwa kemacetan yang melanda kawasan ibukota Jakarta beserta daerah penunjangnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sudah sangat parah. Hal inilah yang akhirnya memicu Kemenhub menerapkan program penanganan kemacetan tol Jakarta-Cikampek. Ada tiga program utama yang dilakukan demi mengatasi kepadatan di salah satu lajur tor terpadat di Indonesia itu.

 

Mulai ditetapkan sejak Senin (12/3) kemarin, program pertama adalah kebijakan aturan ganjil genap kendaraan pribadi mulai gerbang tol Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Pondok Gede Timur dan Pondok Gede Barat sejak pukul 06.00-09.00 WIB, kecuali hari libur. Kedua adalah pengaturan lajur khusus bus yakni keberadaan bus premium berlajur khusus untuk pengguna kendaraan togel sgp pribadi yang beralih ke angkutan umum. Dan yang ketiga adalah mengatur pengoperasian kendaraan besar golongan III, IV dan V yang dilarang melintas tol Jakarta-Cikampek pada pukul 06.00-09.00 WIB, seperti dilansir Detik.

 

Menurut Kemenhub, ruas tol Jakarta-Cikampek memang semakin macet parah karena adanya pembangunan proyek LRT, lajur tol Jakarta-Cikampek elevated dan kereta api cepat Jakarta-Bandung. Sesuai aturan yang ada, kendaraan pribadi dengan plat nomor ganjil hanya diperbolehkan melintasi akses tol gerbang Bekasi Barat dan Bekasi Timur pada tanggal ganjil, begitu pula sebaliknya.

 

Kemenhub berharap bahwa kebijakan baru ini bisa menurunkan perbandingan volume kendaraan dan kapasitas jalan (V/C ratio) di ruas tol Jakarta-Cikampek jadi 0,89. Hal ini membuat kecepatan rata-rata meningkat hingga 48,45 km/jam dan waktu tempuh lebih cepat yakni 83 menit. Karena kebijakan baru ini, diprediksi volume kendaraan dalam kota Karawang akan meningkat sehingga membuat Satlantas Polres Karawang melakukan langkah penanganan pula.

 

BPTJ Sediakan 60 Bus Premium

 

Mengakomodir pemilik kendaraan pribadi yang tak bisa melintas karena aturan ganjil genap, pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memberikan alternatif. Bambang Tri selaku Kepala BPTJ menyebutkan kalau pihaknya menyediakan 60 bus premium untuk mengangkut pengguna mobil pribadi ke beberapa titik di pusat Jakarta seperti Senayan, Blok M dan bandara Soekarno-Hatta.

 

Dengan tarif 20 ribu rupiah, bus premium ini memberikan fasilitas listrik untuk charging alat elektronik, Wi-Fi, full AC dan tempat duduk nyaman. Bus premium yang sebetulnya sudah tersedia sebelum kebijakan ganjil genap ini akan berangkat dengan interval 10 menit sekali. Para pemilik kendaraan pribadi yang bisa memarkirkan mobil di LRT Grand Dhika dan BTC untuk area Bekasi Timur dan Summarecon serta Megacity untuk kawasan Bekasi Barat. Dengan tarif Rp 10 ribu untuk sehari parkir kendaraan pribadi..

 

Ganjil Genap Bakal Diterapkan ke Tol Lain?

 

Atas aturan baru ini, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengaku akan terus mengevaluasi kebijakan tersebut. Jika memang berjalan efektif, ada kemungkinan beberapa ruas jalan tol lain akan diberlakukan hal serupa. Meskipun ada lima lajur yang direncanakan memasang kebijakan ganjil genap, untuk percobaan awal masih diterapkan mulai akses tol gerbang Bekasi Timur dan Bekasi Barat.

 

“Pada tanggal 12 ada ganjil-genap bagi kendaraan pribadi di ruas tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat. Ini juga dalam upaya kita membiasakan masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum. Dalam jangka panjangnya, mereka akan beralih ke sana. Kita sudah bicara dengan pihak mall. Sepakat tarif parkir penumpang pemegang karcis bus premium dikenakan Rp 10 ribu dari pagi sampai malam. Kalau dia tidak megang itu ya berarti bayar seperti biasa,” tutup Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *