6 Jam Tayang, ‘DANUR 2: MADDAH’ Ditonton 100 Ribu Orang!

Lepas dari berbagai kritikan tajam atas DANUR: I CAN SEE GHOSTS (2017), sepertinya membuat Awi Suryadi benar-benar ingin membuktikan kalau dirinya adalah James Wan-nya Indonesia. Tepat hari Rabu (28/3) kemarin, sutradara CLAUDIA/JASMINE (2008) ini resmi merilis DANUR 2: MADDAH. Masih memasang aktris muda Prilly Latuconsina sebagai Risa, perempuan yang berteman dengan para hantu, MADDAH sudah sejak proses produksi diklaim bakal jauh lebih seram daripada DANUR.

 

Sesumbar itu tampaknya berbuah manis. Dengan kekuatan basis fans Prilly yang sangat luar biasa dan rasa penasaran akan filmnya, MADDAH mampu mengumpulkan lebih dari 100 ribu penonton hanya dalam waktu enam jam tayang saja. Pencapaian ini jelas membuat MADDAH mengalahkan box office hari pertama film horor terlaris sepanjang masa, PENGABDI SETAN (2017). Film yang tayang di lebih dari 40 negara di luar negeri itu cuma meraih 91.000 penonton di hari pertama tayang.

 

Beberapa pengamat film bandar togel online memprediksi kalau MADDAH meraih sekitar 200 ribu di hari pertama tayang. Jika memang benar, maka MADDAH mengekor film terlaris tahun 2018, DILAN 1990. Meskipun begitu masih kalah dari pemilik hari pertama tayang terlaris sepanjang masa, WARKOP DKI: JANGKRIK BOSS PART 2 (2017) yang berhasil mengumpulkan angka fantastis, 313 ribu penonton di hari pertama tayang.

 

Bisa Kalahkan ‘DANUR: I CAN SEE GHOSTS’?

 

Proyek sekuel memang hanya akan menghasilkan dua jawaban yakni sukses atau tidak. Film yang duduk di posisi puncak dalam film Indonesia terlaris sepanjang masa adalah WARKOP DKI: JANGKRIK BOSS PART 1 (2016) yang sukses meraih lebih dari 6,8 juta penonton. Di hari pertama tayang, film komedi yang memasang Abimana Aryasatya – Vino G Bastian – Tora Sudiro itu bahkan langsung membuat publik terhenyak karena sukses ditonton 270 ribu orang di hari pertama tayang saja.

 

Kesuksesan besar membuat Falcon Pictures merilis sekuelnya setahun kemudian. Tingginya antusiasme membuat JANGKRIK BOSS PART 2 ditonton lebih dari 313 ribu penonton, memecahkan rekor sekuelnya. Namun performa box office film itu tampak meloyo dalam perjalanannya dan hanya bisa mengumpulkan empat juta penonton total. JANGKRIK BOSS PART 2 bahkan dipecundangi PENGABDI SETAN yang meraih mahkota film terlaris tahun 2017 dengan total 4,2 juta penonton.

 

Tentu saja MADDAH tak bisa percaya diri dengan raihan hari pertama yang besar, karena mereka harus bisa melewati jumlah penonton DANUR jika ingin dianggap sukses. Jangan sampai rekor di hari pertama malah melempem karena jumlah penonton yang merosot. Setidaknya MADDAH masih punya waktu tepat satu bulan sebelum film mega blockbuster Hollywood, AVENGERS: INFINITY WAR tayang pada 27 April 2018. Karena saat film ketiga Avengers itu rilis, semua film akan bertekuk lutut.

 

‘TEMAN TAPI MENIKAH’ Tak Berkutik

 

Berbeda saat DANUR rilis, MADDAH tayang berbarengan dengan salah satu film drama yang juga dinantikan, TEMAN TAPI MENIKAH. Namun film yang diangkat dari novel sekaligus kisah cinta selebritis cantik Ayudia Bing Slamet ini tampaknya tak berkutik di hadapan para hantu. Akun pengamat film Indonesia @bicaraboxoffice memperkirakan kalau TEMAN TAPI MENIKAH tayang di 202 layar, sementara MADDAH berkuasa di 318 layar.

 

Hal itu membuat film yang dibintangi Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla meraih sekitar 65 ribu penonton di hari pertama tayang, kalah jauh dari MADDAH yang kemungkinan disaksikan 200 ribu penonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *