Masih Buruk, Timnas U-19 Kalah Telak Dari Persis Solo

Jika sesuai dengan jadwal, timnas U-19 akan tampil di Piala AFF U-18 pada 1-14 Juli 2018 dan Piala Asia U-19 pada 18 Oktober-4 November 2018. Sama-sama digelar di Indonesia, PR skuad Garuda Muda tidaklah mudah. Demi memiliki persiapan yang maksimal, timnas U-19 pun melakukan serangkaian uji coba. Awalnya pelatih Indra Sjafri berharap timnas Iran U-19 akan jadi lawan uji coba tapi baru bisa dilakukan seusai Lebaran sehingga pilihan pun jatuh ke Persis Solo.

 

Diharapkan bisa tampil menjanjikan, timnas U-19 justru dipermalukan Laskar Samber Nyawa dengan skor 0-3 dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Manahan Solo hari Senin (28/5) kemarin. Persis tampil begitu mendominasi sehingga sudah melancarkan gol pertama di menit ke-17 melalui Tri Handoko yang memanfaatkan kesalahan kiper M. Aqil Savik.

 

Beberapa kali memiliki peluang, sentuhan akhir timnas U-19 masih cukup buruk hingga akhirnya petaka terjadi di menit ke-81 saat Nur Hidayat melakukan gol bunuh diri karena gagal mengantisipasi umpan silang dari sisi kanan. Menutup pertandingan uji coba itu, Persis mampu mencetak gol ketiganya pada injury time di menit ke-93 lewat Johan Yoga, seperti dilansir Detiksport.

 

Menanggapi kekalahan itu, Indra justru tampak cukup tenang. Kepada Kompas, dirinya mengaku bahwa kalah atau menang bukanlah hal utama dalam uji coba itu karena dia memang ingin melihat kondisi timnas U-19 setelah hampir empat bulan absen melatih. Sekedar informasi, Indra memang sempat dicopot PSSI sebagai pelatih togel singapura timnas U-19 pada akhir November 2017.

 

Timnas U-19 Akan Hadapi PSS Sleman

 

Kekalahan telak atas Persis Solo jelas jadi alarm yang sangat berbahaya untuk timnas U-19. Menrut pemain depan timnas U-19 asal Papua yakni Todd Rivaldo Ferre, timnya memang memiliki kekurangan di penyelesaian akhir. Kini setelah melawan Persis Solo, timnas U-19 siap meladeni klub Liga 2 lainnya yakni PSS Sleman hari Sabtu (2/6) esok.

 

Dengan hasil ujicoba yang dirasa masih di bawah harapan, Indra menjelaskan kalau masa pemusatan latihan timnas U-19 akan diperpanjang hingga 4 Juni 2018 di Yogyakarta. Ujicoba dengan PSS akan jadi agenda terakhir pemusatan latihan tahap pertama, seperti dilansir Bolasport.

 

Ada Lima Wajah Baru Timnas U-19

 

Jika sebelumnya timnas U-19 memang begitu lekat dengan sosok Egy, maka untuk persiapan dua kompetisi yang bakal mereka hadapi, Idnra sampai memanggil lima pemain baru. Kelima remaja itu masuk dalam bagian 28 pemain yang dipanggil Indra untuk pemusatan latihan timnas U-19 di Yogyakarta. Dilansir Detiksport, lima wajah baru itu adalah M. Iqbal B (SKO Ragunan), Al Risqy Dwi (Bogor FC), M Firli (Bogor FC), M Rafi Syarahil (Barito Putera) dan Gunansar Mandowen (Persipura).

 

Melihat profil punggawa baru Garuda Muda ini memang cukup menjanjikan. Seperti Iqbal yang sudah pernah mengikuti kejuaraan di Thailand dan India. Pemuda berusia 17 tahun itu pernah satu klub dengan Egy di Persab Brebes saat menjuarai Piala Soeration 2016. Ada juga Rizqy yang pernah membela klub Bali United U-17 dan PSS Sleman U-19. Sementara Gunansar jadi talenta asal Papua yang sudah tercatat sebagai pemain Persipura U-19. Apakah Kelima wajah baru ini mampu bersinar? Ditunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *