Kerusakan Pertanian di Palestina Akibat Penyemprotan Herbisida Israel

Berdasarkan laporan terbaru telah terjadi kerusakan lahan pertanian di Palestina akibat penyemprotan herbisida oleh Israel.Herbisida tersebut disemprotkan melalui pesawat pada samping zona penyangga sepanjang jalur Gaza. Sehingga memberikan pengaruh besar bagi mata pencaharian orang – orang Palestina di sana.

Tindakan Pelanggaran Internasional

Tindakan yang dilakukan oleh Israel tersebut sebetulnya adalah pelanggaran standar Internasional, seperti yang dilansir oleh The Guardian.Laporan tersebut juga memberikan kesimpulan bahwa penyemprotan yang dilakukan menjangkau lebih dari tiga ratus meter mengarah ke pemukiman Palestina di daerah Gaza.

Ada sebuah studi yang dilaksanakan oleh Forensic Architecture, University of London menyelidiki tentang efek potensial dari penyemprotan selama 16 bulan.Dan hasil dari laporan menerangkan bahwa dalam 5 tahun terakhir ini, pesawat dari Israel telah melakukan penyemprotan itu lebih dari tiga puluh kali.

Penyemprotan tersebut dilakukan Israel dari zona penyangga Gaza yang dikendalikan Hamas.Pihak Kementerian Pertahanan Israel menjelaskan bahwa penyemprotan tersebut dilakukan karena alasan keamanan.Tindakan itu demi keperluan operasional, salah satunya untuk menghilangkan potensi teror result hk yang mengancam Israel, terutama bagi masyarakat yang tinggal berdekatan di perbatasan Gaza.

Pertanian Terganggu Sudah Lama

Daerah pertanian Palestina yang terdampak herbisida sebenarnya sudah lama terjadi. Para petani di sana menuturkan bahwa hasil panen serta mata pencaharian terganggu. Melalui video yang diambil Gisha, LSM gerakan kebebasan Tel Aviv, Forensic Architecture melakukan rekonstruksi penyimpangan herbisida dengan bantuan ahli dinamika fluida.Investigasi juga dilakukan dengan sampel daun, wawancara dengan petani serta penggunaan citra satelit dalam melakukan pemetaan efek dari penyemprotan.

Konsentrasi dari semprotan herbisida itu berbahaya dan sudah melampaui batas standar dari Uni Eropa. Adanya persentase kehilangan lahan hijau itu akan terus membesar di sepanjang perbatasan atau Gaza serta hal itu tidak pulih. Terdapat sebidang tanah dibom, dilindasbuldozer serta disemprot herbisida 2 kali dalam setahun.Hingga kini menjadi zona mati gersang, itulah penjelasan dari peneliti.

Perang di Palestina

Perang yang terjadi di Pelestina semenjak tahun 2007 sudah terjadi sebanyak tiga kali.Saat Hamas menguasai wilayah pesisir yang strategis.Lalu mendorong Israel serta Mesir memblokade jalur darat serta laut. Pada laporan sebelumnya, yang dimuat oleh situs web Israel +972 serta Haaretz, bersamaan dengan permintaan informasi kebebasan dari Gisha, sudah menemukan terkait kerusakan tanah pada sisi Gaza.

Forensic Architecture melaporkan juga bahwa penyemprotan herbisida sudah mengakibatkan kerusakan yang tidak terduga serta tidak terkendali di sisi perbatasan (Gaza).Gisha bersama – sama dengan kelompok hak – hak Palestina yang mempunyai markas di Haifa serta Al Mezan merupakan kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) di Gaza.

Mereka telah mengajukan petisi pada militer Israel guna memberikan kompensasi untuk petani Gaza yang tanaman pertaniannya rusak akibat semprotan herbisida.Akan tetapi, pihak Israel memberikan penolakan atas petisi tersebut.Namun, hal itu berbeda perlakuan kepada petani Israel.Mereka justru memberikan kompensasi kepada petani Israel yang dekat zona penyangga pada tahun 2015.Hal ini karena petani melakukan tuntutan akibat kehilangan hasil panen pasca penyemprotan dilakukan.

Demikianlah laporan terkait keadaan Gaza, Palestina yang membutuhkan banyak bantuan dari berbagai pihak.Terkuak adanya penyemprotan herbisida sungguh membuat kerugian sekaligus bencana pada warga Palestina.Lahan pertanian yang seharusnya menghasilkan justru sebaliknya, menjadi lahan gersang hingga mati.Sehingga kehidupan warganya pun sungguh menyisakan luka dan kesedihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *